Shalat Yang Disaksikan Malaikat – Keutamaan Shalat Jama’ah Subuh dan Ashar

Shalat yang Disaksikan Malaika

السلام عليكم و رحمة الله وبركاته

Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa Rasulillahi Muhammad bin Abdillah, wa ‘alaa aalihi washahbihi wa man saara ‘alaa nahjihi ilaa yaumil qiyaamah, amma ba’du

Allah ﷻ jadikan kewajiban bagi pria muslim untuk melaksanakan shalat wajib secara berjama’ah dan Allah jadikan pahala yang berlipat hingga 27 kali lebih baik dibandingkan shalat sendiri, namun tahukan anda, bahwasanya diantara shalat – shalat jama’ah yang penuh dengan ampunan dan pahala ada dua shalat yang mana maiaikan menyaksikannya dan diangkatnya doa saat itu ?

Keduanya adalah shalat subuh dan ashar, sebagaimana dalam hadits berikut :

Hadits Tentang Malaikat Menyaksikan Shalat Ashar dan Subuh

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: ” يَتَعَاقَبُونَ فِيكُمْ مَلَائِكَةٌ بِاللَّيْلِ، وَمَلَائِكَةٌ بِالنَّهَارِ، وَيَجْتَمِعُونَ فِي صَلَاةِ الْفَجْرِ، وَصَلَاةِ الْعَصْرِ، ثُمَّ يَعْرُجُ الَّذِينَ بَاتُوا فِيكُمْ، فَيَسْأَلُهُمْ رَبُّهُمْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِهِمْ: كَيْفَ تَرَكْتُمْ عِبَادِي؟ فَيَقُولُونَ: تَرَكْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ، وَأَتَيْنَاهُمْ وَهُمْ يُصَلُّونَ “

Dari Abu Hurairah radhiyallohu ‘anhu, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

“Para malaikat (yang bertugas) di waktu malam dan para malaikat (yang bertugas) di waktu siang bergiliran bersama kamu. Mereka berkumpul pada sholat subuh dan sholat ashar, kemudian para malaikat yang bermalam bersama kamu naik. Maka Robb mereka menanyai mereka, sedangkan Dia lebih tahu tentang mereka: “Bagaimana kamu tinggalkan hamba-hambaku?”. Mereka menjawab: “Kami tinggalkan mereka, ketika mereka sedang sholat. Dan kami datangi mereka, ketika mereka sedang sholat.”

(HR. Bukhori, no. 555; Muslim, no: 632)

Fawaid Hadits :

Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:


1- Alloh memiliki makhluk ghoib yang bernama malaikat yang diberi tugas-tugas tertentu dan mereka melaksanakan dengan baik.


2- Di antara tuga malaikat adalah menyertai manusia untuk mencatat perkataan dan perbuatan mereka. Pada Hari Kiamat buku catatan amal itu akan diberikan kepada mereka masing-masing.


3- Malaikat pencatat amal bergiliran bertugas, ada yang bertugas di waktu malam dan ada yang bertugas di waktu siang.


4- Malaikat yang bertugas di waktu malam, mulai turun dari langit di waktu ashar, dan naik ke langit di waktu subuh. Sedangkan malaikat yang bertugas di waktu siang, mulai turun dari langit di waktu subuh, dan naik ke langit di waktu ashar.


5- Semua malaikat itu berkumpul pada sholat subuh dan sholat ashar, ini menunjukkan keutamaan dua sholat tersebut, karena disaksikan oleh malaikat yang bertugas di waktu malam dan yang bertugas di waktu siang.


6- Setelah bertugas, para malaikat naik ke langit menghadap Alloh. Ini menunjukkan bahwa Dzat Alloh berada di atas langit, sedangkan ilmu-Nya di seluruh tempat. Dan ini aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.


7- Alloh bertanya kepada malaikat, sedangkan Dia lebih tahu tentang mereka, untuk menunjukkan keutamaan orang-orang yang sholat berjamaah.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju ridho dan sorga-Nya yang penuh kebaikan


Ditulis oleh al Ustadz Abu Ismail Muslim Atsari
Sragen, Bakda Maghrib Sabtu, 27-Dzulqo’dah-1441 H / 18-Juli-2020 M


Baca Juga :

Doa Rizki Berkah dan Ilmu Bermanfaat

Tata Cara Shalat Istikharah

Pembagian Tauhid

Thariq Aziz al Ahwadzy

Thariq Aziz al Ahwadzy, seorang kelahiran kota Bekasi pada 21 Juli 2000, penuntut ilmu dan CEO Menjadi Muslim yaitu Platfrom untuk belajar bersama menjadi seorang muslim seutuhnya. Belajar dan belajar itulah jalan hidupnya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: